PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS X MAN 1 BANDUNG DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK
Abstract
Aktivitas fisik yang dilakukan oleh remaja di Indonesia masih sangat minim.
Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, sebanyak 274.049 anak usia diatas 15
tahun kurang dalam melakukan aktivitas fisik. Penyebab kurangnya seseorang
melakukan aktivitas fisik karena terjadi perubahan kebiasaan hidup masyarakat
sedentary, sehingga Penyakit Tidak Menular meningkat. Siswa kelas X MAN 1
Bandung dimasa pandemic menerapkan sistem pembelajaran online sehingga
banyak menghabiskan waktu untuk belajar menggunakan handphone atau laptop,
serta kegiatan olahraga dilakukan selama 1 kali dalam 1 bulan, hal ini diperburuk
dengan kurangnya edukasi kesehatan terutama mengenai aktivitas fisik, sehingga
butuh dilakukan penelitian Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap
Siswa Kelas X MAN 1 Bandung dalam Melakukan Aktivitas Fisik. Tujuan
dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan
dan sikap sebelum serta sesudah diberikan penyuluhan. Metode yang digunakan
yaitu kuantitatif dengan rancangan eksperimen dan desain penelitian Pre
Experimental Designs. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 303 siswa dengan
jumlah sampel yang diambil secara random sebanyak 170 siswa. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa
terdapat perbedaan p value pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu
0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak, yang menunjukan ada perbedaan signifikan
pengetahuan dan sikap siswa sebelum serta sesudah diberikan penyuluhan
mengenai aktivitas fisik.