PENDEKATAN EDUKATIF TENTANG COPING MECHANISM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STRES PADA ORANG TUA SDN CIBUNGUR TAHUN 2021
Abstract
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) membuat aktivitas sektor pendidikan
terhambat. Kemdikbud mengeluarkan SE No. 4 Tahun 2020 sehingga pembelajaran
menjadi dalam jaringan. Sistem pembelajaran tersebut dapat merubah kebiasaan
orang tua sehingga menimbulkan ketegangan emosi yang mengakibatkan stres
(Hartono, 2016). Jika stres tidak dicegah, maka bisa berakibat negatif terhadap
kesehatan (Andria, 2013). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada
perbedaan tingkat stres sebelum dan setelah pendekatan edukatif tentang coping
mechanism. Metode yang digunakan adalah pra eksperimen melalui pendekatan
edukatif dengan disain one group pretest-posttest. Pengambilan sampel
menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis yang digunakan adalah uji TDependen. Hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan perbedaan tingkat stres
sebelum dan setelah pendekatan edukatif tentang coping mechanism sebagai upaya
pencegahan stres pada orang tua SDN Cibungur tahun 2021 dengan nilai p
0,000>0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka diperlukan upaya promosi
kesehatan sehingga tercipta masyarakat sehat khususnya orang tua dalam
mendampingi anak belajar di rumah sehingga tercipta pembelajaran daring
seoptimal mungkin.