GAMBARAN DUKUNGAN ORANGTUA TENTANG TINGKAT KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA C KOTA BANDUNG
Abstract
Retardasi mental merupakan kondisi dimana perkembangan kecerdasannya
mengalami hambatan sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal
dengan keterbatasan intelegensi, keterbatasan sosial dan keterbatasan fungsifungsi
mental lainnya. Termasuk keterbatasan dalam kemampuan merawat diri
sendiri. Sehingga mereka membutuhkan dukungan dari orangtua. Bentuk
dukungan orangtua dapat berupa dukungan instrumental, informasi,penilaian dan
emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan orangtua tentang
tingkat kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita di SDLB-C Kota Bandung.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling sebanyak 30 orangtua. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden sebagian besar dukungan
orangtua dalam kategori mendukung yaitu 18 responden (60,0%). Diharapkan
penelitian ini orangtua meningkatkan dukungan yang belum maksimal dapat
dimaksimalkan agar anak menjadi mandiri dalam melakukan tindakan personal hygiene.