dc.contributor.author | IRAWAN, DONI | |
dc.date.accessioned | 2021-02-23T13:13:22Z | |
dc.date.available | 2021-02-23T13:13:22Z | |
dc.date.issued | 2018-08-24 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1885 | |
dc.description.abstract | Kemenkes R.I (2015) menerangkan bahwa 21.47% remaja awal atau
setingkat usia sekolah menengah pertama pernah merokok, dan sebanyak 5.1%
masih menjadi perokok aktif. MTs Al-hidayah Sukawening berdasarkan laporan
masyarakat yang diterima, telah melakukan screening pada peserta didik yang
merokok di lingkungan sekolah pada bulan Juli 2017. Hasil tersebut didapatkan
34 siswa dan 5 siswi pernah merokok di lingkungan sekolah.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pelaksanaan
pendidikan kesehatan dengan metode pembelajaran didaktif (ceramah) dan
sokratik (buzz group) terhadap tingkat pengetahuan mengenai bahaya perilaku
merokok pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Al-hidayah Sukawening.
Metode penelitian yang digunakan yaitu quassy eksperimen, dengan
rancangan penelitian pretest and posttest nonequivalen control group. Sampel
pada kelompok (ceramah) dan (buzz group) masing-masing berjumlah 24
responden. Tekhnik pengumpulan data dengan kuesioner. Analisa yang digunakan
univariat dan bivariat dengan uji beda wilcoxon, dan untuk membandingkan
antara kedua kelompok digunakan uji beda mann-withney.
Hasil analisa menunjukan adanya peningkatan pengetahuan mengenai
bahaya perilaku merokok menggunakan metode pembelajaran didaktif (ceramah)
dengan nilai sig 0.000 (<0.05), dan sokratik (buzz group) dengan nilai sig 0.000
(<0.05). Hasil analisa uji beda mann-withney menunjukan tidak ada perbedaan
signifikan antara pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan metode pembelajaran
didaktif (ceramah) dan sokratik (buzz group) dengan nilai sig 0.190 (>0.05).
Berdasarkan hasil penelitian perlu dilakukannya pendidikan kesehatan
oleh pihak terkait, dengan pemilihan tekhnik pendidikan kesehatan yang lebih
pariatif sehingga sasaran mampu meningkatkan pengetahuan pada suatu masalah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | Rokok, pengetahuan, ceramah, buzz group. | en_US |
dc.title | PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN DIDAKTIF(CERAMAH) DAN SOKRATIK (BUZZ GROUP) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI BAHAYA PERILAKU MEROKOK PADA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH SUKAWENING | en_US |
dc.type | Other | en_US |