HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES BHAKTI KENCANA BANDUNG
Abstract
Proses adaptasi dengan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru adalahsalah satu transisi utama, karena lingkungan perguruan tinggi tidak dikenalsebelumnya. Pendidikan perguruan tinggi merupakan sistem yang menuntutpembelajaran secara mandiri sehingga diperlukan motivasi sebagai pendukunguntuk mencapai hasil belajar. Beberapa mahasiswa Program Studi Sarjana
Keperawatan STIKes Bhakti Kencana Bandung menyampaikan motivasi belajarmenurun akibat stres dalam perkuliahan. Salah satu diantara beberapa pemicu stres yaitu sulit memahami materiperkuliahan. Para mahasiswa tersebut jugamengatakan bahwa kondisi stres membuat tidak bersemangat, malas untuk belajarbahkan hingga bolos kuliah. Apabila hal ini tidak dapat ditangani dengan baik,maka dapat berdampak pada kondisi psikologis mahasiswa dan hasil belajar
mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Bhakti Kencana Bandung.Jenis penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan crosssectional. Jumlah sampel 62 mahasiswa dari jumlah populasi 162 mahasiswa tingkat I yang ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Student Nurse Stress Index (SNSI)dan Motivated Strategies of Learning Questionnaire (MSLQ) serta analisisbivariat menggunakan uji statistik Spearman Rank.Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar mahasiswa (71%)mengalami stres sedang dan sebagian mahasiswa (51,6%) memiliki motivasibelajar tinggi. Hasil uji bivariat menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000 lebihkecil dari nilai alpha 0,05, dengan hasil uji koefisien korelasi yaitu -0,6 sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan bersifat berlawanan arah antara tingkat stres dengan motivasi belajar.Berdasarkan hasil penelitian ini, institusi diharapkan dapat memotivasimahasiswa dan melakukan upaya untuk meminimalisir stres mahasiswa.