PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL : ANATOMY’S CUBE TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANATOMI TUBUH MANUSIA PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES BHAKTI KENCANA BANDUNG
Abstract
Pengetahuan anatomi tubuh manusia merupakan dasar pengembangan
keterampilan keperawatan klinis serta berpikir kritis. Materi ini masih dipandang
sebagai materi sulit dipahami bagi mahasiswa tahun pertama. Pengetahuan dalam
memahami anatomi tubuh manusia dipengaruhi oleh media pembelajaran. Oleh
sebab itu, membutuhkan media yang baru agar seseorang lebih mudah memahami
anatomi tubuh manusia tersebut salah satunya anatomy’s cube yang merupakan
pengembangan media visual yang mengadaptasi dari puzzle. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran visual : anatomy’s cube
terhadap pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia pada mahasiswa tingkat I
program studi sarjana keperawatan STIKes Bhakti Kencana Bandung.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain pretest-posttest with control group. Teknik
pengambilan sampel adalah probability sampling. Jumlah sampel pada penelitian
ini sebanyak 36 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan
20 pertanyaan. Analisa univariat dan bivariat yang digunakan yaitu uji beda
paired t test, dan untuk membandingkan antara kedua kelompok digunakan uji
beda independent t test.Hasil analisa menunjukan adanya pengaruh media pembelajaran visual
anatomy’s cube terhadap pengetahuan mahasiswa tingkat I program studi sarjana
keperawatan STIKes Bhakti Kencana Bandung dengan p-value 0,000. Hasil
analisa uji beda independent t test menunjukan adanya perbedaan antara media
pembelajaran visual anatomy’s cube dengan media pembelajaran visual buku
dengan p-value 0,009. Media pembelajaran visual anatomy’s cube terbukti lebih
efektif dibandingkan dengan buku.Berdasarkan penelitian diatas, anatomy’s cube perlu ditetapkan sebagaikurikulum dan diterapkan sebagai media pembelajaran anatomi tubuh manusia disetiap pendidikan keperawatan.